Rabu, 27 Juli 2016

Sempurnakan Travelling kamu dengan Mengunjungi 'Istana Dalam Loka' Sumbawa


exposesumbawa.blogspot.co.id - Sebuah banguan tua ini merupakan Rumah panggung terbesa di dunia. Jadi, jangan terkaget ketika sejenak melihat bangunan tua ini. Istana Dalam Loka, itulah sebutan untuk rumah panggung ini, masyarakat Sumbawa juga menyebutnya dengan sebutan 'Bala Loka'. Sebuah bangunan sejarah yang hingga kini masih bediri kokoh di tengah perkotaan Sumbawa.

Para Exposer, banyak hal menarik yang perlu kamu tahu dari 'bala loka' ini. Sepertinya saya perlu menuturkan kepada exposer yang ada diluar Sumbawa sana. Berikut ini penjelasannya.

Dear exposer, Rumah panggung terbesar didunia ini memiliki 99 tiang. Jumlah ini memiliki maksud yang luar biasa, jumlah 99 ini merupakan dasar pemerintahan yang di ambil dari jumlah Asma`ul Husna (Nama-nama Allah)

Bentuk tangga dari Istana Dalam Loka ini juga cuku unik, ada simbol penghormatan pada design tangga depan istana dalam loka. Ketika pertama kali anda akan memasuki Istana ini maka terasa akan menunduk ketika menaiki tangga depan istana ini. Jadi, tangga ini menyimbolkan bahwa siapapun harus menghormati raja. 

Selain itu, ada beberapa ruangan yang terdapat didalam Istana Dalam Loka, di bagian depan bangunan terdapat ruangan bernama Lunyuk Agung, ruangan ini digunakan sebagai tempat musayawarah, resepsi atau acara pertemuan lainnya. Disebelahnya terdapat ruangan Lunyuk Mas, ruangan ini dikhususkan sebagai ruangan khusus untuk permaisuri, istri-istri menteri dan staf penting kerajaan ketika akan melangsungkan suatu upacara adat kerajaan. 

Ruangan lainnya, Ada juga Ruang Dalam sebelah barat yang disekat dengan bambu, tempat inisering difungsikan sebagai tempat sholat dan yang terakhir ada Bala Bulo yang terdiri atas dua lantai, lantai pertama sebagai arena tempat bermain putra/putri raja dan lantai kedua digunakan sebagai tempat permaisuri dan istri para bangsawan saat menyaksikan pertunjukan di lapangan istana.

Jadi, tak salah jika 'Istana Dalam Loka' disebut sebagai rumah panggug terbesar didunia. Ditopang 99 tiang yang kokoh, membuat Istana Dalam Loka ini terlihat sangat unik. Saat ini banyak kegiatan-kegiatan kebudayaan yang dipusatkan di Istana Dalam Loka. So, jika kamu ke Sumbawa, jangan lupa singgah di Istana Dalam Loka agar kunjungan kamu ke Sumbawa menjadi Sempurna. (iws)


Video Istana Dalam Loka (Courtesy by Youtube)
Oleh: Iwin Satriani


0 komentar:

Posting Komentar