Minggu, 21 Agustus 2016

Inilah Kripik Unik 'Modeng Bage' Ala Remaja Sumbawa

 exposeSumbawa.blogspot.com - Sekilas ini terlihat seperti keripik tempe tapi yang satu ini sama sekali tidak berbahan dasar tempeh ataupun kacang kedelai, tampilan boleh sama tapi soal rasa ini tidak kalah enak dari keripik tempeh namanyapun sangat unik dan menarik.... Btw, ada yang tau nggak ini keripik apa...? Nah, daripada kelamaan mikir namanya apa.?  Ini dia resep untuk membuatnya kripik ini, Mumpung saya lagi berbaik hati, hehehe......

Yuk simak ulasan saya berikut mengenai bahan dan cara pembuatnya

Pertama siapkan bahan bahannya terlebih dahulu
1. Siapkan biji asam jawa
2. Tepung tapioka
3. Air secukupnya

Untuk bumbu yang di haluskan 
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
3 butir kemiri
Garam secukupnya
Penyedap rasa
Cabai (bagi pencinta pedes)

Sekarang kita akan masuk ke langka pembuatanya 
1. Sangrai biji asam lalu tumbuk untuk memisakan kulit dengan biji setelah itu rendam semalaman. Perendaman bertujuan untuk melenturkan biji asam yang bertekstur sangat keras. Setelah direndam semalaman biji asam dihaluskan dengan cara dibelender.

2. Kemudian campurka biji asam yang suda di haluskan dengan tepung tapioka, lalu adu sampai rata. Jangan lupa masukka bubu yang suda di haluska. Lalu beri air secukupnya.

3. Aduk adonan hingga kalis. Kemudia bentuk adonan bulat menanjang lapiskan dengan plastik bening.
Kuku adonan tersebur hingga mateng. setelah itu angkat adonan yang suda dikukus biarkan sampai dingin 

4. Setelah dingin iris tipis adonan kemudian keringkan.

5. Setelah kering lalu di goreng dan siap di hidangkan

Dan ini dia hasilnya....So, apakah teman teman suda bisa menebak namanya.?

Ya benar sekali namanya keripik biji asam, namanya cukup merik bukan selain namnya yang menarik bahan utamanya juga sangat menari selama ini saya belum perna mendengar ada yang namanya keripik biji asam. Bahkan di sumbawa sendiri biji asam hanya di manpaat kan untuk di jadikan camilan tanpa di olah bahkan tidak di manfaatkan sama sekali malah di buang loh sobat sayang sekali bukan. Jika biji asam dibuang begitu saja ada baiknya di manfatkan utuk membuat keripik biji asam. Tertarik ingin mencicipi gurih dan renya keripik biji asam.? Selamat mencoba membuatnya sendiri ya sobat. Demikian ulasan singkat saya mengenai keripik biji asam semoga bermanfaat dan dapat menginsfirasi kita semua. (i.w.s)

penulis: Iwin satriani







1 komentar: