Rabu, 31 Agustus 2016

Goreng unik "belunak" Alaa masyarakat BATULANTEH SUMBAWA


exposeSumbawa.blogspot.com Ada yang tau tidak dengan nama batang tumbuhan yang satu ini ...??? sekilas terlihat seperti batang bunga tapi tumbuhan yang satu ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan bunga. Melainkan batang tumbuhan yang satu ini adalah sayuran. Penasaran dengan namanya???

Mari simak ulasan saya berikut ini, Tapi sebelum memberitahukan namanya saya akan bercerita sedikit mengenai tumbuhan yang satu ini, Tumbuhan ini bisa di katakan tumbuhan yang langkah karena tidak semua daerah bisa ditumbuhi oleh tumbuhan yang satu ini, terutama daerah daerah yang panas dan gersang. Sebab tumbuhan ini hanya bisa tumbuh di daerah yang sangat dingin dan biasanya tumbuhan ini tumbuh  di aliran air, misalnya air terjun, daerah lembap pinggir sungai serta di tebing sungai khususnya daerah pegunungan yang memiliki sungai bertibng.

eeiittsss ada kata tapinya,,, 

Karena tidak semua sungai bertebing dapat di tumbuh oleh tanaman yang satu ini loh, seperti yang saya katakan sebelumnya tumbuhan yang satu ini hanya bisa tumbuh di tempat tempat tertentu.
 Tapi tidak perlu khawatir jika ingin menemukan tumbuhan yang satu ini datang saja ke wilayah batu lanteh sembawa besar (NTB). Sebab hampir di seluruh wilayah Batu Lanteh terdapat tumbuhan yang satu ini. Karna batu lanteh sendiri merupakan daerah pegunungan yang sangat sejuk bahkan selalu di guyur hujan hampir di sepanjang tahun.

Tapi jika ingin mengunjungi daerah batu lanteh tidak ada salahnya untuk mengunjungi BAODESA, sebab desa yang berada di kaki gunung puncak ngenas ini adalah daerah yang sangat dingin dan merupakan surga bagi sayuran yang satu ini.

Setelah saya paparkan panjang lebar mengenai tumbuhan yang satu ini apakah teman-teman suda mengetahui nama dari tumbuhan ini dan apa keistimewaannya..???

Baiklah daripada kelamaan penasaran mengenai sayuran yang satu ini, saya akan membagikan resep olehan dari sayuran yang satu ini segaligus akan menjawab rasa penasaran anda mengenai nama sayuran yang satu ini. olahan yang satu ini merupakan olahan kebanggaan di seluruh wilayah batu lanteh karena saking enaknya. Tapi resep yang akan saya bagikan ini merupakan resep yang paling sederhana dan biasanya hanya di sajikan untuk keluarga tercinta tapi tetap enak dan lezat tentunya.

Bahan-bahan yang harus di siapkan.
    1. belunak
    2. daging atau tulang igga
    3. Air putih
    4. Batang serai
    5. Daun jaruk
    6. Daun salam
    7. Penyedap rasa

Bumbu-bumbu yang di haluskan.
    1. Garam dapur
    2. Cabe rawit.
    3. Bawang putih
    4. Bawang merah
    5. Lengkuas
    6. Kunyit

Langkah-langkah untuk memasak.   
1. Kupas kulit belunak lalu potong sesuai selerah
2. Masak daging atau tulang igga sampai setengah matang, tambahkan daun  jeruk, daun salam dan batang serae
3. Kemudian masukkan belunak
4. Goreng bumbuh-bumbug yang sudah di haluskan
5. Lalu tambahkan bumbu yang sudah di goreng
6. Tunggu sampai matang dan goreng belunak khas batulanteh siap menggoyangkan lidah anda sobat

Bagaimana tertarik untuk mencobanya...??? tapi syang sekali ya sobat sebab sayuran yang satu ini tidak dapat kita jumpai di pasar layaknya sayuran lain. Karena sobat semua tidak bisa langsung merasakannya saya akan menceritakan rasa dari goreng yang satu ini. perpaduan rasa dari tulang igga dan bumbu yang meresap kedalam belunak memiliki sensasi tersendiri yang tidak bisa di lukiskan dengan kata-kata saking enaknya. tapi sayang sekali sayuran yang satu ini jarang di temukan di tempat lain. Jadi untuk bisa merasakan nikmatnya sayuran yang satu ini anda harus berkunjung ke batu lanteh. Jika andah sudah perna merasakan nikmatnya makan di temani goreng yang satu ini di jamin bakalan ketagihan deh, makanya kebanyakan masyarakat batulanteh yang sudah pindah ke tempat lain selalu merindukan batulanteh alasan utamanya adalah merindukan nikmat dan lezat nya goreng blunak.

Demikian ulasan saya kali ini mengenai goreng blunak khas baodesa batulanteh.  Selamat berkunjung kebatulanteh untuk merasakan sejuknya daerah pegunungan yang masih bebas dari polusi dan suara bising kendaraan dan yang terpenting untuk bisa mencicipi lezat nya goreng blunak yang tidak dapat di temukan di daerah lain. Demikian ulasan saya kali ini semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi tempat liburan anda bersama keluarga tercinta untuk menghabiskan akhir pekan anda...

(I.W.S)


penulis: Iwin Satriani








0 komentar:

Posting Komentar