Jumat, 09 September 2016

Sedapnya Olahan ikan khas Masyarakat Sumbawa "sepat"



  Exposesumbawa.blogspot.co.id Ada yang tau tidak dengan nama kuliner yang satu ini,,,,??
 Ya bagi   masyarakat Sumbawa tentu kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, bagaimana tidak kuliner kebanggaan Sumbawa ini menjadi sajian kebabggaan masyarakat Sumbawa. Kesegaran rasanya membuat siapa pun yang merasakannya di jamain ketagihan. Tapi sayang sekali kuliner yang satu ini sulit di temukan di tempat lain. Tapi tidak usah khawatir jika kalian ingin mencicipinya tidak harus berkunjung ke Sumbawa untuk bias menikmati nya. Anda bias mencoba membuatnya sendiri di rumah, kalian pasti semakin penasaran dengan nama kuliner yang satu ini.

Seperti biasa sebelum saya memberitahukan namanya akan langsung membagikan resep pembuatan nya, mari simak ulasan saya berikut.



Bahan Yang Harus Di Siapkan:

1.    300gr ikan segar jenis apa saja (bisa diganti dengan udang, ayam pun juga boleh tapi di  potong kecil     kecil sesuai selera , dibakar atau pun direbus lebih nikmat disantap dibakar)
2.    1 buah terong ungu panjang, dibakar, setelah itu di kupas kulitnya ,lalu di sobek kasar
3.    Daun kemangi segenggam (kalau tidak ada bisa pakai daun basil)
4.    5 buah cabe rawit merah, ditumbuk kasar ,jumlah cabe rawit bisa sesuai selera
5.    1 buah tomat dibakar
6.    2 butir kemiri
7.    3 buah belimbing woluh
8.    3 siung bawang merah
9.    Garam secukupnya
10.   Air matang hangat
11.    Cabe rawit secukupnya.

Cara Untuk Membuatnya.

1.    Bakar atau dipanggang ( tomat, bawang merah, terong ungu)
2.    Kupas terong bakar ambil dagingnya, sobek kasar
3.    Tumbuk kasar bumbu : cabe, bawang merah bakar, tomat bakar,garam, kemiri bakar, dan penyedap rasa.
4.    Bakar ikan atau udang atau ayam yang dipotong kecil kecil hingga matang



Cara Untuk Menyajikan:

1.    Susun di dalam mangkok saji: terong ungu yang sudah dirobek kasar, dan bumbu yang sudah ditumbuk kasar, belimbing wuluh potong potong.
2.    Tuangkan air hangat.
3.    Berikutnya, masukkan ikan bakar atau udang atau ayam.
4.    Kucuri jeruk sambel atau jeruk limau secukupnya.
5.    Lalu tambakan daun kemangi



Sangat mudah bukan,,,,?
Setelah saya papar kan panjang lebar mengenai cara pembuatan nya apakah kalian sudah mengetahui cara pembuatan nya Apakah kalian sudah mengetahui namanya…?? Ya benar sekali namanya sepat ala masyarakat Sumbawa.Selamat mencoba di rumah ya sobat walaupun terlihat sederhana tapi soal rasa sudah tidak di ragu kan lagi dan tidak kalah dengan olahan ikan yang lainnya. Perpaduan rasa antara gurih nya ikan bakar dan gurih nya bumbu sepat menambah gurih nya olahan yang satu ini. Dan yang terpenting olahan ikan yang satu ini tidak menggunakan minyak sama sekali jadi di jamin sehat dan tidak takut kolesterol anda akan naik bagi anda penderita kolesterol. Selamat mencoba sendiri di rumah ya sobat dan sajikan sepat khas Sumbawa ini untuk keluarga tercinta.
Semoga apa yang saya paparkan di atas bermanfaat bagi kita semua dan menambah referensi anda untuk membuat olahan ikan agar tidak bosan.

Penulis: iwin satriani

0 komentar:

Posting Komentar