Kamis, 28 Juli 2016

Romantisme Air Terjun Agal di Tengah Rimba Desa Marente Alas


exposesumbawa.blogspot.co.id - Desa Marente adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa. Hutan rimba mengelilingi Desa Marente ini. Tapi, siapa sangka didalam hutan rimba tersebut menyimpan spot air terjun yang sangat spektakuler. Air Terjun Agal, inilah primadona baru bagi para adventure yang ada di Sumbawa.

Nah, berkat expose yang dilakukan oleh salah satu komunitas adventure yang ada di Sumbawa nama 'Air Terjun Agal' mulai menjadi buah bibir di kalangan para adventurer. Letaknya yang agak jauh dari perdesaan Marente membuat air terjun ini jarang di akses oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui sebelum melakukan perjalanan menuju Air Terjun Agal ini.

1. Kamu tidak boleh membawa cat pilok atau sejenisnya.

Jadi, jangan harap kamu bisa untuk meninggalkan coreta di pohon atau di bebatuan. Kamu tak akan diijinkan utuk membawa cat pilok atau sejenisnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan disekitar area air terjun ini. Pastikan tangan kamu tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak lingkungan sekitar air terjun ini. 

2. Jika kamu bawa makanan maka kamu harus membawa bekas plastik kembali.

Air terjun Agal sangat dijaga kebersihannya. Jika anda membawa persiapan makanan selama perjalanan sebaiknya anda menyiapkan satu plastik kosong sebagai persiapan tempat sampah anda dan sampah tersebut harus di bawa pulang lagi. Selain itu, penggunaan shampoo dan sabun mandi di larang. Jadi, jangan tersinggung ketika ada warga setempat yang langsung menyapa/ memperingatkan jika kamu membuang sampah sembarangan.

3. Butuh waktu 10 menit dari Desa Marente menuju spot tersebut.

Dari pusat kecamatan Alas berjarak 5 kilo menuju Desa Marente, sedangkan dari Desa Marente anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi air terjun tersebut. Nah, disinilah pertualangan dimulai. Anda akan melawati sungai berarus keras, dinginnya menusuk ke pori-pori anda bahkan terasa hingga ke tulang. Mamakan waktu sekitar 5 menit untuk menyeberang sungai dengan kedalaman sedada orang dewasa. Jangan gegabah, arus yang keras bisa saja mencelakai anda. So, berhati-hatilah saat menyebrang, mintalah bantuan teman anda. 

4. Rerimbunan Rimba siap menemani perjalanan kamu.

Pesona rimba Marente akan menemani perjalanan kamu, pesona rindang pepohonan yang ada disitu siap memanjakan mata anda. Perjalanan anda juga akan menemui jalan setapak di lereng bukit. Di kiri kanan masih rimbun dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Berhati-hatilah, jalan setapak ini berbatu dan licin. Nikamtilah perjalanan anda, jangan merusak alam yang memberi anda pemandangan indah.

5. Nikmatilah Surga di rimba Marente ini.

Kolam yang ada di bawah air terjun bisa menjadi tempat anda mandi atau sekedar bermain air. Tapi, bagi anda yang hobi dengan dunia fotografi, disini bisa menjadi lokasi yang menarik untuk sekedar mengabadikan moment terindah anda.

Inilah Surga di Rimba Marente, lelah anda pasti terbayar lunas ketika anda sampai ke lokasi air terjun berketinggian ratusan meter ini. Bagi anda yang ada di luar Sumbawa, Air Terjun Agal bisa menjadi tujuan baru anda dan jika anda pencinta pesona alam maka Air Terjun Agal jawaban kepuasan anda. (iws)

Tonton Video Keindahan Air Terjun'Agal' Marente berikut ini (Courtesy by Youtube)
Oleh: Iwin Satriani




0 komentar:

Posting Komentar