Minggu, 28 Agustus 2016

Sambal 'Jambu Mede' Khas Sumbawa ini Siap Goyang Lindah Anda

exposesumbawa.blogspot.com - Jambu yang satu ini memeng tidak asing lagi untuk kita semua, Jika melihat jambu yang satu ini apa yang ada dipikiran anda sobat...??? ya benar sekali, kacang mede, kacang yang satu ini memang sangat gurih dan enak. Khasiat kacang yang satu ini juga sudah tidak di ragukan lagi sehingga banyak sekali produk makanan yang menggunakan bahan kacang mede. Tapi kali ini kita tidak akan membahas kacang mede, melainkan akan membahas jambu mede alias jambu monyet...hihihi

Apa yang anda bayangkan selain kacang mede ketika mendengar nama jambu mede .....? 

ya, warnanya merah dan bentuknya lonjong. Dan kali ini saya akan berbagi satu resep olahan dari jambu mede. Tapi sebelum saya kasih tau saya akan menjelaska rasa dari jambu ini terlebih dahulu. Jambu yang satu ini memiliki rasa yang sangat khas seperti perpaduan rasa manis, asam dan sepet membuat jambu yang satu ini jarang sekali di konsumsi secara langsung sebab dapat menimbulkan rasa gatal diarea mulut dan tenggorokan serta dapat membuat kita tersedat. 

Meskipun demikian bukan berarti jambu yang satu ini tidak bermanfaat sobat... Malahan banyak sekali olahan yang berbahan dasar jambu mede seperti oseng oseng jambu mede, abon jambu mede, serta sirup jambu mede, dan masih banyak lagi olahan yang lainya.

Tapi kali ini saya akan membagikan resep yang berbeda dari olahan jambu mede, resep ini sangat bermanfaat bagi para ibu rumah tangga untuk menghemat biaya belanja keperluan dapur terutama saat harga tomat melonjak naik di pasar, apakah kalian  suda ada gambaran mengenai apa resep yang akan saya bagikan kali ini setelah saya bercerita panjang lebar...??? Baiklah jika kalian belum ada gambaran maka saya akan langsung membagi resepnya. Mumpung lagi berbaik hati,,, hihihi
Baiklah, dari pada kelamaan penasaran saya akan langsung bagikan resep untuk membuatnya pada kalian semua.

Siapkan bahan bahannya terlebih dahulu.
      1. Jambu mede dan
      2. Daun kemangi

Untuk bumbuh yang dihaluskanp.
     1. Garam dapur
     2. Penyedap rasa
     3. Cabe
     4. Bawang petih
     5. Bawang merah dan
     6. Terasi

Langkah-langkah untuk membuatnya.

1. siapkan jambu mede, cuci bersih sampai getahnya hilang lalu iris jambu mede menjadi bebetapa bagian.

2. Lalu haluskan  garam dapur, cabe, bawang putih, bawang merah,dan terasi sampai halus.
   Kemudian tambahkan irisan jambu mede lalu ulak lagi sampai halus.

3. Setelah itu beri penyedap rasa lalu aduk sampai rata, setelah itu beri daun kemangi.

4. Dan sambal jambu mede siap untuk di hidangkan


Sangat menarik buka...??? Soal rasa sambal yang satu ini tidak tidak perlu di ragukan lagi yang pasti tidak kalah enak denga sambal-sambal yang lainya. Perpaduan rasa antara asam, manis, dan sepet memjadikan sebuah perpaduan rasa yang sangat sempurna, di tambah dengan rasa dan aroma yang khas dari daun kemangi menambah nikmat cita rasa  dan sensasi yang menyegarkan dari sambal yang satu ini dan kabar baiknya lagi tidak perlu ada tambahan gula karna jambu medenya sendiri sudah mempunyai rasa manis sehinggah para penderita diabetes tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati lezatnya sambal yang satu ini. 

selain itu bahan untuk membuat sambal yang satu ini sangat ekonomis bukan...???  

Jadi tidak perlu takut kantong kering gara-gara harga tomat naik.

Anda tertarik untuk merasakan nikmatnya sambal yang satu ini...? 

Jadi tungguh apalagi segera ke pasar untuk membeli jambu mede lalu sejikan sambal yang berbeda dari biasanya kepada keluarga tercinta. Dan buat yang baru menikah menangkan hati suami dan mertua anda dengan sambal jambu mede yang sangat lezat dan gurih. Selamat mencobanya di rumah sobat, semoga apa yang telah saya paparkan di atas mengenai sambal jambu mede dapat menambah pengetahuan dan kreativitas kita semua khususnya mengenai makanan khas sumbawa. (i.w.s)

0 komentar:

Posting Komentar