Kamis, 08 September 2016

indahnya hamparan pasir putih " pantai Ai Manis"

exposesumbawa.blogspot.com Pantai yang satu ini sangat indah hamparan pasir putih di sepanjang pantai menambah keindahan pantai yang satu ini. Air nan jerni dan masih belum tercemar membuat siapa saja yang berada di sini tidak ingin meninggalkan tempat ini. keindahan pantai yang satu ini memang sangat manis, semanis namanya pantai AI MANIS.




Pantai Ai Manis merupakan tempat wisata alam yang bisa ditemukan di Pulau Sumbawa. Keindahan pesona alam yang di suguh kan pun tak kalah cantik nya dengan yang ada di tempat lain. Pantai Ai Manis, merupakan pantai pasir putih dengan pemandangan bawah laut nya yang menyimpan sejuta keindahan. jutaan jenis ikan masih terjaga populasi nya di pantai yang satu ini..
Pantai Ai Manis terletak di sebelah Selatan daratan Pulau Moyo. Untuk menuju ke sana ada beberapa titik pemberangkatan yang bisa anda gunakan, menyesuaikan di mana lokasi terdekat anda, baik itu melalui Tanjung pasir, pantai Kencana atau pun Ai Bari.
Jika berangkat dari Tanjung pasir akan memerlukan waktu tempuh normal sekitar 20 menit dengan menggunakan kapal motor dan jika dari pantai Kencana akan memerlukan waktu tempuh sekitar 60 menit. Namun jika anda ingin lebih berhemat, anda bisa berangkat dari Ai Bari, merupakan kampung pesisir yang berada di Kecamatan Moyo Hilir, sekitar 2 Km sebelah Utara Kota Sumbawa Besar, dengan jarak tempuh penyeberangan normal sekitar 30 menit.





Wisata Pantai Ai Manis memiliki merupakan pantai dengan hamparan pasir yang putih yang inda dan bersih dengan keadaan alam sekitarnya yang masih sangat alami. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki dana pas-pasan namun ingin mencari ketenangan dan kedamaian karena memang tempatnya yang masih belum ramai dan suasana nya yang damai jauh dari kebisingan.
Di sekitar pantai ini terdapat pula hutan tropis yang ditumbuhi pepohonan rindang dengan udaranya yang masih sangat asri. Jika anda berjalan masuk mengelilingi hutan, anda pun akan menemukan beberapa hewan yang menjadi penghuninya, seperti rusa, sapi liar, burung kakak tua, burung koakkao, burung gosong, babi hutan dan terdapat pula sebuah gua kelelawar.
Saat yang paling di tunggu tunggu ketika berada di pantai ini ketika menjelang soreh menjelang sore adalah dapat menyaksikan indahnya sunset yang sangat menakjubkan perlahan menghilang sampai akhirnya terbenam seperti di telan lautan.


Menikmati pemandangan seperti ini bersama pasangan sambil duduk bersantai di hamparan pasir putih merupakan suasana yang romantis bukan ?.. Tentunya sangat cocok sebagai tempat camping bersama. Keindahan Pantai Ai Manis tidak hanya sebatas yang anda lihat di daratan. Panorama alam bawah lautnya pun tak kalah cantiknya. Banyak biota bawah laut seperti ikan dan terumbu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran yang unik yang bisa anda temukan di tempat ini, kondisinya pun masih sangat baik dan terjaga, bahkan jauh dari kerusakan.




Hal inilah yang menjadikan pantai Ai Manis salah satu tempat snorkeling dan diving yang menjadi favorit semua pencinta snorkeling. Jika beruntung anda pun akan menemukan ikan hiu kecil yang sering berenang di sekitar pantai. Selain terdapat batuan karang lunak dan keras yang bisa anda jumpai, di sana juga anda akan menemukan beberapa biota laut lainnya seperti crustacea, anemon, bermacam jenis ikan, sponge, belut, dan beberapa biota laut lainnya. Sangat cocok pula bagi anda yang memiliki hobi memancing. Keadaan pantai Ai Manis terbilang masih cukup sepi, hal ini dikarenakan masih kurangnya promosi mengenai tempat ini, baik transportasi maupun fasilitasnya. Sempat dulu ada pihak yang mengelola pantai ini namun sekarang sudah tidak ada lagi. Selain itu pula memang lokasinya yang cukup jauh dari jangkauan wisatawan dalam negeri. Padahal keindahan yang ada di pantai ini sungguh sangat luar biasa cantik nya.

(I.W.S)

Penulis: Iwin Satriani

0 komentar:

Posting Komentar